Kisah inspiratif ,
Najwa Shihab 


Wajahnya sering tampil di televisi membawakan program berita. Dikenal lugas dan kritis, inilah Najwa ShihabAnchor berita dan host yang kerap melontarkan pertanyaan-pertanyaan tajam ke narasumber ini sudah menjelma menjadi sosok idola baru. Tentu saja berkat kemampuan dan kecerdasannya dalam menyampaikan fakta untuk dikonsumsi khalayak.
Najwa Shihab atau yang akrab disapa Nana ini malang melintang di dunia jurnalistik sejak 2001. Selama 18 tahun akrab di bidang tersebut, sejumlah tokoh penting dalam maupun luar negeri sudah berhasil diwawancarainya. Karier Nana begitu sukses hingga meraih banyak penghargaan.
Jurusan kuliah tidak selalu sejalan dengan pekerjaan yang digeluti. Hal itu juga terjadi pada Najwa Shihab. Putri pasangan ulama terkemuka Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf itu memilih karier sebagai seorang jurnalis dibanding terjun ke dunia hukum. Padahal, Nana merupakan Sarjana Hukum jebolan Universitas Indonesia (UI) yang lulus tahun 2000.
Sempat berkarier di RCTI, Wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini memutuskan hijrah ke Metro TV yang dianggap lebih sesuai dengan passion­-nya. Nana digembleng dari posisi bawah, sebagai Reporter. Terjun ke lapangan sebagai wartawan televisi. Asal tahu, nama Najwa Shihab mulai naik daun saat meliput bencana tsunami di Aceh pada 2004 silam.
Berkarier selama 18 tahun di dunia jurnalistik dan penyiaran televisi mencatatkan banyak penghargaan bagi Nana. Debutnya di dunia jurnalistik sebagai reporter televisi yang populer ketika meliput dahsyatnya bencana tsunami Aceh membuahkan penghargaan pertama dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan PWI Jakarta Raya (PWI Jaya) tahun 2005. Ia juga meraih anugerah sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV di tahun 2006
Perjalanan karier dan hidup Najwa Shihab dapat menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia, khususnya jurnalis-jurnalis muda yang ingin berkarya. Dengan ketekunan, konsistensi, dan minat untuk terus belajar menjadi modal agar sukses berkarier di bidang apapun. Jalani, nikmati, dan syukuri apa yang kamu kerjakan hari ini. Tetap ingat untuk pantang menyerah dan melakukan yang terbaik